Mengenal Tanda Tangan Elektronik (TTE)

Berdasarkan UU Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan Informasi Elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentifikasi.
Tanda Tangan Elektronik (TTE) tersertifikasi adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi data lewat Sertifikat Elektronik yang diterbitkan oleh BSrE Indonesia. Dengan penggunaan TTE tersertifikasi, berbagai layanan sistem elektronik akan menjadi lebih efektif dan efisien.
TTE tersertifikasi telah diterapkan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Per Maret 2020, Kementerian Dalam Negeri mencatat 508 dari 514 kabupaten/kota di Indonesia telah menerbitkan dokumen kependudukan yaitu Kartu Keluarga (KK), Akta Kematian, Akta Kelahiran, serta Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) lewat inovasi digital ini. Selain itu Disdukcapil menggunakan Kode QR (Quick Response)* untuk melengkapi keabsahan dokumen kependudukan tersebut. Dan sudah hampir seluruhnya Dokumen Kependudukan yang diterbitkan oleh Dukcapil menggunakan TTE Tersertifikasi.

Verifikasi TTE Tersertifikasi

Dokumen elektronik kependudukan dapat dilihat dan diunduh dengan cara memindai Kode QR yang terdapat pada dokumen menggunakan ponsel pintar (smartphone). Untuk memastikan keaslian dokumen kependudukan yang telah ditandatangani menggunakan TTE tersertifikasi, dengan cara mengupload dokumen elektronik tersebut ke website kominfo pada menu verifikasi PDF. Kemudian akan muncul informasi diantaranya identitas Sertifikat Elektronik penanda tangan, dokumen elektronik tidak mengalami perubahan, waktu penandatanganan dokumen, PSrE Indonesia yang menerbitkan Sertifikat Elektronik dan masa berlaku Sertifikat Elektronik

  • Related Posts

    Prosedur dan Persyaratan Anak Angkat di Indonesia

    Secara hukum, adopsi anak dikuatkan berdasarkan keputusan pengadilan negeri. Namun, kerap terjadi adopsi anak dilakukan hanya berdasar kesepakatan dua pihak, calon orang tua angkat dengan orang tua kandung. Tak jarang, juga terjadi karena ada unsur “jual-beli” antar keduanya. Jadi, unsur syar’i atau hukumnya kerap diabaikan

    IKD SOLUSI MUDAH DATA KEPENDUDUKAN ANDA

    IKD atau Digital ID adalah KTP-el berbentuk digital yang berisi informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan Dokumen Kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai (smartphone) yang menampilkan Data Pribadi sebagai identitas yang bersangkutan (Permendagri No. 72 Tahun 2022 Pasal 13 ayat 2).

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    You Missed

    Prosedur dan Persyaratan Anak Angkat di Indonesia

    • By admin
    • Mei 19, 2024
    • 5 views
    Prosedur dan Persyaratan Anak Angkat di Indonesia

    PENUHI HAK ANAK DENGAN KARTU IDENTITAS ANAK

    • By admin
    • Mei 15, 2024
    • 8 views
    PENUHI HAK ANAK DENGAN KARTU IDENTITAS ANAK

    IKD SOLUSI MUDAH DATA KEPENDUDUKAN ANDA

    • By admin
    • Mei 5, 2024
    • 25 views
    IKD SOLUSI MUDAH DATA KEPENDUDUKAN ANDA

    DISDUKCAPIL BOLTIM SERAHKAN AKTA NIKAH CAPIL MASAL DI KECAMATAN MOOAT

    • By admin
    • Mei 1, 2024
    • 15653 views
    DISDUKCAPIL BOLTIM SERAHKAN AKTA NIKAH CAPIL MASAL DI KECAMATAN MOOAT

    RAKOR PENATAAN TATA KELOLA PENCATATAN SIPIL SE SULAWESI UTARA

    • By admin
    • April 25, 2024
    • 14 views
    RAKOR PENATAAN TATA KELOLA PENCATATAN SIPIL SE SULAWESI UTARA

    RAKOR KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL SE SULUT

    • By admin
    • November 21, 2023
    • 129 views
    RAKOR KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL SE SULUT